Di Uji Coba sebelum di publish itulah keunggulan EvilicaCell dibanding dengan situs tutorial lain, dan all file for free.
Search Me "EvilicaCell"

Cara Flash Menggunakan SP Flash Tool

 Halo kawan Evilica Cell ketemu lagi dengan saya admin satu-satunya di blog yang sederhana ini. Kali ini saya akan share cara menggunakan SP Flash Tool (Tool untuk flash Android berchipset MediaTek)
Dari postingan saya yang sebelumnya cara flashing Hicore Play Z5 masih banyak yang belum paham menggunakan SP Flash Tool, maka dari itu saya membuat artikel ini.

Android di kalangan masyarakat Indonesia sudah menjadi teman sehari-hari, bahkan percaya atau tidak ada seorang anak laki-laki yang tidak bisa makan kalau Hpnya gak ada, rusak, bootloop dan sejenisnya :D
Tapi tidak sedikit juga yang mengalami kendala seperti yang saya sebutkan tadi. Tapi disetiap kendala pasti ada jalan keluarnya. Jalan keluarnya yaitu di flash ulang (Jika kerusakaan system atau software)

Oke langsung saja, pada Smartphone android yang berchipset MediaTek seperti Advan S5E, Lenovo, Oppo, Hicore Play Z5, Evercoss dan lain-lain.
Flash menggunakan SP Flash Tool:
  • Pertama yang harus di perhatikan adalah versi SPFT, karna setiap HP akan berbeda versi SP Flash Tool yang digunakan. Contohnya Advan S5E menggunakan SP Flash Tool versi 5 dan Lenovo A316i menggunakan SP Flash Tool versi 3.
    Sebenarnya bisa saja menggunakan SPFT versi lain untuk flash HP lain, tapi ada kemungkinan gagal. Jadi sebaiknya gunakan versi yang sesuai.
  • Setelah mengetahui versi yang sesuai selanjutnya perhatikan file yang dibutuhkan SP Flash Tool seperti MTK_AllInOne_DA, DA_PL, DA_PL_CRYPTO20, DA_SWSEC, DA_SWSEC_CRYPTO20. Pastikan file tersebut ada didalam folder SP Flashtool, dan file yang biasanya digunakan adalah file MTK_AllInOne_DA.
    File penting SP Flashtool versi 5
    FILE PENTING DIDALAM FOLDER SP FLASHTOOL
  • Menjalankan flash_tool.exe dengan cara klik kanan > Run as administrator, bukan sekedar klik kiri 2 kali. Karna dengan Run as administrator program terbatasi aktivitasnya agar tidak bisa mengubah sistem. Ini membuat sebuah program harus dijalankan dalam “mode administrator” agar program tersebut bisa mengubah setting sistem. Teknologi keamanan ini disebut Microsoft sebagai User Account Control (UAC).
  • Memasukan file Download-Agent dan file Firmware (scatter-loading). Untuk file Download-Agant kalian arahkan ke MTK_AllInOne_DA yang ada didalam folder SP Flashtool, sedangkan file firmware arahkan ke MTxx_Android_scatter.txt yang ada didalam firmware yang ingin anda gunakan. File scatter akan berbeda tipe MT-nya. Contoh MT6572 untuk MediaTek 6572 seperti Advan E1C.
  • Pastikan file firmware sesuai dengan Tipe MediaTek atau tipe hp yang ingin di flash. Karna jika berbeda sedikit saja HP akan bermasalah seperti mati total, layar terbalik, Imei Null dan lain-lain.
    Untuk antisipasi jangan centang file Preloader pada SP FlashTool saat flash, jika gagal coba centang Preloader.
  • Pastikan Driver MTK terinstal dengan sempurna. Kalian bisa mengeceknya di Device manager dan akan muncul MTK_Preloader USB Vcom jika HP sudah connect ke PC atau Laptop. Dan pastikan tidak ada tanda seru kuning di Device manager, karna jika ada tanda tersebut berarti driver belum terinstal dengan sempurna. Jika masalah ini muncul kalian bisa instal ulang drivernya dan coba restart PC.
    MediaTek Preloader USB Vcom
    Driver MTK di Device manager
  • Memulai proses flash dengan menekan tombol Download dan hubungkan HP menggunakan USB ke PC/ Laptop sambil menekan volume bawah atau atas, tujuannya adalah agar Hp masuk ke boot mode dan proses flash akan berjalan otomatis ditandai dengan Bar berwarna kuning di SP Flashtool.
  • Jika flash sudah berjalan jangan menyentuh atau mengotak-atik PC atau HP, karna jika tersenggol bisa menyebabkan disconnect (putus sambungan) dan gagal flash. Biarkan saja sampai proses flash selesai ditandai dengan Notif OK di SP Flashtool.
    SP Flashtool versi 5
    SP Flash Tool Versi 5 dengan notif Selesai
  • Jika sudah selesai Flash kalian bisa cabut USB dari HP dan coba nyalakan ulang dengan menekan tombol power pada HP. Proses boot (menyala) untuk pertama kali setelah selesai flash biasanya agak lama, jadi tunggu saja sekitar 5 menit sampai 10 menit. Jika setelah di flash masih mentok logo (Bootloop) coba masuk ke recovery dan wipe data and cache. caranya kalian bisa lihat disini.

Jika setelah flash Imei Null jangan khawatir, kalian bisa memperbaikinya di "Cara mengatasi Imei Null MediaTek"
Download SP Flashtool di situs resmi
Gimana mudah bukan? dengan flash ulang HP yang bermasalah dengan sistem akan kembali normal dan bisa digunakan lagi :)
Jika ada yang bingung silahkan tanyakan di komentar.

4 Responses to "Cara Flash Menggunakan SP Flash Tool"

  1. mas kalo error 4032 kenapa ya? apa solusinya? please solusi. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungikan file firmware gak cocok, jadi silahkan coba firmware lain dan flash ulang :)

      Delete
  2. Kalo udah terlanjur mati bisa gak gan pake cara ini?
    mati gara2 salah firmware dan muncul error 4032

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mba, asalkan masih terdeteksi pc. dan untuk kali ini jangan sampai salah firmware lagi :) semoga berhasil

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel