Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Jasa service HP Online via remote, silahkan hubungi kami di FaceBook EvilicaCell Terpercaya, harga terjangkau, sudah pasti done, proses cepat.

Cara Mudah Install Windows 7 Dengan CD [Update]

Hallo kawan EvilicaCell bertemu lagi dengan saya admin dari situs tutorial paling work didunia ini, dikesempatan kali ini saya akan share tutorial install ulang Windows 7 menggunakan CD terupdate 2020 untuk laptop atau bisa juga untuk komputer.

Cara install Windows 7 menggunakan CD untuk laptop atau komputer ini sudah saya coba dan 100% berhasil tanpa kendala, untuk proses install Windows 7 di laptop atau bisa juga di komputer, dan sebagai bukti sekaligus untuk mempermudah memahami cara install Windows 7 menggunakan CD saya akan sertakan video tutorial di akhir artikel.

Sebelum melakukan proses installasi Windows 7 di laptop atau komputer, pastikan dulu jika kalian sudah mempunyai kaset / CD Windows 7 nya, dan pastikan juga laptop atau komputer yang ingin kalian install Windows 7 menggunakan CD, memiliki CD rom atau hardware CD (alat untuk memasukan kaset nya)

Jika ke dua syarat sudah kalian penuhi, kita bisa lanjut ke langkah selanjutnya. Lalu bagaimana cara install Windows 7 menggunakan CD? simak artikel ini sampai akhir agar tidak gagal paham dan proses installasi berjalan dengan sempurna.

Tutorial Install Windows 7 + Gambar 100% Berhasil [Update 2020]:
  1. Yang pertama kalian harus siapkan adalah sebuah CD Windows entah itu Original atau pun bajakan (pengguna yang taat peraturan pasti menggunakan Original)
  2. Setting BIOS agar boot dari CD/ DVD caranya nyalakan atau restart komputer/ laptop anda lalu tekan DEL (Delete), biasanya tombol untuk masuk Bios yang paling umum adalah DEL, F1, F2, Fn+F2 tergantung merk motherboard anda, akan muncul menu Bios seperti gambar ini lalu geser ke Tab Boot dengan tombol ◄ ►
    Cara Install Windows 7 menggunakan CD
  3. Pada urutan pertama kalian rubah menjadi CD-ROM Driver. Setelah setting benar kalian tekan tombol F10 untuk SAVE & EXIT
  4. Masukan CD ke dalam DVD pada laptop atau PC, lalu nyalakan dengan menekan tombol power, tekan sembarang tombol untuk melakukawn installasi.
  5. Tunggu hingga masuk ke menu Starting Windows 7 lalu pilih Indonesia (Indonesia) pada Time And Currency Format untuk Language To Instal dan Keyboard or input method biarkan default dan klik Next
  6. Untuk memulai Instalasi Windows pilih Install Now lalu centang I Accepted the liecense Terms, kemudian klik Next
  7. Untuk pengguna yang belum terlalu paham saya sarankan pilih Custom (advance)
  8. Jika anda ingin melakukan install ulang, downgrade maupun upgrade sistem operasi windows sekaligus ingin data-data pada partisi lain tidak hilang, cukup delete Disk 0 Partition 2 (partisi C:) dan Disk 0 Partition 1 : System Reserved, nanti otomatis kedua partisi yang anda delete tadi menjadi Unallocated Space
  9. Silakan buat partisi baru lagi (secara otomotis, partisi tersebut menjadi Disk 0 Partition 2) dan jadikan Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi windows 7, kemudian Next. Bingung? Simak gambar gif dibawah ini (untuk pengguna mobile, gunakan browser Chrome agar gambar gif bergerak dengan sempurna)
  10. Cara partisi harddisk
    Partisi Harddisk
  11. Bagi yang ingin melakukan install ulang, downgrade maupun upgrade ke windows 7 sekaligus tidak ingin data-data di partisi lain hilang, silakan lewati langkah nomor 10-13. Dan bagi anda yang pertama kali melakukan instalasi windows 7 sekaligus yang HDDnya masih mulus dan belum terinstall sistem operasi windows sebelumnya, silakan lewati langkah nomor 6 ini

  1. Langkah selanjutnya yaitu mempartisi ruang harddisk, pilih Drive options (advanced) > New lalu tentukan ukuran partisi/ drive tersebut, kemudian pilih Apply jika sudah selesai
  2. Pilih OK untuk pembuatan system files windows atau yang biasa disebut system reserved partition saja.
  3. Silakan buat 2 partisi dengan cara yang sama seperti langkah nomor 10, sebenarnya berapa banyak partisi tergantung selera masing-masing, pada tutorial kali ini saya hanya membuat 2 partisi.
  4. Silakan pilih Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi windows. Kemudian pilih Next. Sebenarnya, anda bisa memilih lokasi instalasi dimana saja, tapi saya sarankan anda letakkan di Disk 0 Partition 2.
  5. Cara Instal Windows 7
    Pilih Lokasi Instalasi Windows
  6. Proses instalasi windows 7 berlangsung, proses ini memakan waktu kurang lebih 20 menit. Selama proses berlangsung, komputer akan reboot/ restart dengan sendirinya beberapa kali, jangan menekan tombol apapun pada keyboard hal ini kan mengulangi proses installasi dari awal lagi.
  7. Langkah selanjutnya adalah memasukan nama pengguna dan nama komputer lalu klik Next.
  8. Langkah berikutnya yaitu membuat password untuk akun Windows, saran saya buatlah password yang kuat dengan kombinasi angka dan simbol, sedangkan untuk password hint, isikan kata atau kalimat yang membantu anda mengingat password anda tersebut, jika anda tidak ingin menambahkan password, biarkan saja kosong kemudian pilih Next.
  9. Silahkan masukan Product Key Windows 7 kemudian Klik next. Jika kalian belum punya Product Key boleh di lewati saja dan klik next, tetapi jika anda tidak memasukan Product Key anda hanya bisa menggunakan Windows selama masa TRIAL (30 hari)
  10. Untuk Windows Update silakan pilih Ask me later, anda bisa memilih Use recommended settings jika DVD windows 7 yang anda miliki original, tetapi jika tidak saya sangat menyarankan pilih Ask me later
  11. Untuk Time zone/ zona waktu, pilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta kecuali anda berada di negara lain
  12. Atur Time Zone Windows

  13. Jika anda terhubung ke internet maka akan muncul Set Up Windows lalu pilih Public Network. Tapi jika tidak terhubung internet (offline) tidak akan muncul, lalu proses installasi selesai dan selamat Anda mempunyai Windows baru lagi
  14. Public Network
    Public Network


Setelah semua langkah teratasi dengan sempurna sekarang kalian tinggal instal driver dan program-program yang kalian butuhkan seperti AntiVirus, Photoshop, Browser dan lain-lain, agar Windows siap digunakan untuk produktivitas sehari-hari

Oke mungkin sekian tutorial cara install Windows 7 menggunakan CD Rom dari EvilicaCell, jika masih ada yang bingung atau kesulitan kalian bisa komentar dibawah dan jangan lupa untuk support kami dengan cara subscribe channel YouTube EvilicaCell agar mendapatkan update seputar Windows lain-nya and see you next time.

Post a Comment for "Cara Mudah Install Windows 7 Dengan CD [Update]"