Jasa repair software via online, Jasa promotion blog / backlink dan keperluan bisnis lain-nya, silahkan menuju ke Facebook EvilicaCell lalu klik tombol Hubungi kami.

Tutorial Partisi Hardisk Tanpa Install Ulang Windows

Halo kawan EvilicaCell bertemu lagi dengan saya admin dari situs tutorial teknologi paling keren ini, di kesempatan kali ini saya akan share tutorial membagi partition pada Hardisk di Windows 7,8,10 dengan sangat mudah seperti yang akan saya jelaskan pada artikel ini.

Dari artikel kemarin saya sudah share cara cara mencegah & memperbaiki hardisk bad sector dan untuk kali ini saya mau share cara pastisi ulang hardisk tanpa install ulang Windows lagi, saya akan mejelaskan sedikit tentang partisi.

Pengertian Partisi
Partisi adalah pengaturan data pada hardisk, atau bisa juga proses pembagian ruang-ruang kosong pada hardisk untuk memberikan file system pada ruang kosong yang terdapat pada hardisk, kemudian ruang kosong pada hardisk tersebut yang telah diberi file system tersebut, di gunakan untuk menyimpan berbagai macam data dan system oprasi.

Intinya partisi itu untuk membagi ruang kosong yang terdapat pada hardisk untuk di isi berbagai macam data. Oke langsung saja, lalu bagaimana cara partisi Hardisk tanpa inatall ulang Windows? kita simak cara membuat partisi harddisk di Windows dengan mudah dan tolong jangan malas untuk membaca.

Tutorial Partisi Ulang Hardisk Menggunakan Disk Management Windows 7

  1. Klik ikon start lalu ketikan Disk Management lalu tekan enter, nanti akan terbuka Disk Management dan tunggu sampai proses load selesai.
  2. Selanjutnya kalian akan melihat tampilan awal Disk management seperti gambar di bawah ini:
    Disk management
  3. Di dalam Disk Management, kalian akan melihat seluruh perangkat penyimpanan yang ada di komputer, termasuk flashdisk dan hardisk eksternal, dalam contoh diatas, saya hanya memiliki 1 hardisk di komputer, jadi yang terlihat hanya disk C yang memiliki kapasitas 115,33GB dengan Format NTFS dan disk D (Data Pribadi) yang memiliki kapasitas 117,46GB dengan Format NTFS.
  4. Jika memiliki lebih dari 1 hardisk maka akan terlihat Disk 0, Disk 1, Disk 2 dan seterusnya, dan Disk Management windows hanya support file sistem NTFS, FAT dan FAT32.

Sekarang kalian perhatikan kembali pada Disk Management yang sudah kalian buka tadi, lalu perhatikan step berikut ini.

A. Jika kalian ingin Disk D dibagi menjadi 2 pastisi maka klik kanan disk D lalu pilih Shrink Volume... Nanti kalian isi kapasitas yang ingin di bagi setelah itu klik Shrink, nanti akan muncul Disk Unallocated.

Unallocated ini belum di beri partisi, nah cara membuat pastisi di Unallocated kalian klik kanan Unallocated lalu pilih New Simple Volume, lalu klik next pilih kapasitas nya, next lagi > lalu pilih "assign the follow driver letter" kalian isi dengan huruf sesuka kalian lalu klik next > setelah selesai maka akan muncul disk baru dan kalian bisa cek di My Computer.

B. Jika kalian ingin menggabungkan Unallocated dengan Disk yang sudah ada kalian klik kanan Disk yang sudah ada lalu pilih Extend Volume... pilih kapasitas yang ingin digabungkan, jika ingin di gabungkan seluruh-nya kalian samakan dengan Maximum Available space in MB lalu klik Next dan klik Finish.

C. Untuk mem-format dan partisi ulang kalian klik kanan pada disk yang ingin di format, setelah selesai format kalian klik kanan lagi dan pilih Delete Volume... nanti akan muncul Unallocated, klik kanan Unallocated pilih New Simple Volume... ikuti langkah seperti yang saya sebutkan diatas bagian step A.

Maka partisi tersebut akan bersih seperti baru, untuk Disk C tidak bisa menggunakan cara format dan delete volume karena Disk C adalah file system, kecuali kalian instal ulang baru bisa format dan pastisi ulang seluruh hardisk.

Tapi untuk memformat dan patisi ulang seluruh hardisk kalian harus menggunakan CD intalasi Windows, atau bisa jika PC kalian memiliki 2 Hardisk, jadi 1 hardisk berperan sebagai system oprasi untuk menjalankan komputer, dan hardisk ke 2 adalah hardisk yang ingin di format & partisi ulang keseluruhan.

Cara Instal ulang Windows 7 secara keseluruhan (termasuk partisi ulang hardisk) 

Kesimpulan
Disk Management cukup berguna untuk mengatur hardisk, tools nya tidak terlalu banyak memang, namun cukup bermanfaat di gunakan, terlebih lagi mudah di gunakan dan tidak terlalu ribet, gimana? mudah kan? kalian bisa praktekan cara ini.

Jika ada pertanyaan kalian bisa tanyakan di kolom komentar dan jangan lupa untuk subscribe channel YouTube EvilicaCell untuk mendapatkan update seputar tutorial Windows lain-nya and see you next time.

Posting Komentar untuk "Tutorial Partisi Hardisk Tanpa Install Ulang Windows"