Cara pastisi hardisk windows 7

Halo kawan Evilica cell!
Dari artikel kemarin mimin sudah share cara cara mencegah & memperbaiki hardisk bad sector. Untuk kali ini mimin mau share cara pastisi ulang hardsik. Mimin akan mejelaskan sedikit tentang partisi.

Pengertian Partisi
Partisi adalah pengaturan data pada hardisk, Atau bisa juga proses pembagian ruang-ruang kosong pada hardisk untuk memberikan file system pada ruang kosong yang terdapat pada hardisk, kemudian ruang kosong pada hardisk tersebut yang telah diberi File System tersebut, digunakan untuk menyimpan berbagai macam data dan system oprasi.
Intinya partisi itu untuk membagi ruang kosong yang terdapat pada hardisk untuk di isi berbagai macam data
Oke langsung saja mimin sebutkan langkah-langkahnya.

Cara partisi ulang hardisk menggunakan Disk management Windows 7

1. klik ikon start lalu ketikan Disk management lalu tekan Enter, nanti akan terbuka Disk management.

2.Selanjutnya kalian akan melihat tampilan awal Disk management seperti gambar di bawah.
Disk management
- Didalam Disk Management, kalian akan melihat seluruh perangkat penyimpanan yang ada di komputer. Termasuk flashdisk dan hardisk eksternal. Dalam contoh diatas, Mimin hanya memiliki 1 hardisk di komputer, jadi yang terlihat hanya disk C yang memiliki kapasitas 115,33GB Format NTFS dan disk D (Data Pribadi) yang memiliki kapasitas 117,46GB Format NTFS.
Jika memiliki lebih dari 1 hardisk maka akan terlihat Disk 0, Disk 1, Disk 2 dan seterusnya.

- Disk management windows hanya support file sistem NTFS, FAT dan FAT32.

Sekarang kalian perhatikan kembali pada Disk management

A. Jika kalian ingin Disk D dibagi menjadi 2 pastisi maka klik kanan disk D lalu pilih Shrink Volume... Nanti kalian isi kapasitas yang ingin dibagi setelah itu klik Shrink. Nanti akan muncul Disk Unallocated.
Unallocated ini belum diberi partisi, nah cara membuat pastisi di Unallocated kalian klik kanan Unallocated lalu pilih New Simple Volume, Lalu Klik next pilih kapasitasnya, Next lagi.
Assign The follow driver letter kalian isi dengan Huruf sesuka kalian lalu klik next. Setelah selesai maka akan muncul Disk baru. Kalian bisa cek di My Computer.

B. Jika kalian ingin menggabungkan Unallocated dengan Disk yang sudah ada kalian klik kanan Disk yang sudah ada lalu pilih Extend Volume... Pilih kapasitas yang ingin digabungkan. Jika ingin di bagungkan seluruhnya kalian samakan dengan Maximum Available space in MB lalu klik Next, Finish.

C. Untuk mem-format dan partisi ulang kalian klik kanan pada disk yang ingin di format, setelah selesai format kalian klik kanan lagi dan pilih Delete Volume... nanti akan muncul Unallocated, klik kanan Unallocated pilih New Simple Volume... Ikuti langkah seperti yang Mimin sebutkan diatas bagian A.
Maka partisi tersebut akan bersih seperti baru.
Untuk Disk C tidak bisa menggunakan cara format dan delete volume karna Disk C adalah system. Kecuali kalian instal ulang baru bisa format dan pastisi ulang seluruh hardisk.

Tapi untuk memformat dan patisi ulang seluruh hardisk kalian harus menggunakan CD intalasi Windows. Atau bisa jika PC kalian memiliki 2 Hardisk, jadi 1 hardisk berperan sebagai System Oprasi untuk menjalankan komputer, dan hardisk ke 2 adalah Hardisk yang ingin di format & partisi ulang keseluruhan.

Cara Instal ulang Windows 7 secara keseluruhan (termasuk partisi ulang hardisk)

Kesimpulan
Disk Management cukup berguna untuk mengatur hardisk. Tools nya tidak terlalu banyak memang, namun cukup bermanfaat di gunakan. Terlebih lagi mudah di gunakan dan tidak terlalu ribet. Gimana? Mudah kan?
Kalian bisa praktekan cara ini.

Jika ada pertanyaan kalian bisa tanyakan di kolom komentar.

0 Response to "Cara pastisi hardisk windows 7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel