Jasa repair software via online, Jasa promotion blog / backlink dan keperluan bisnis lain-nya, silahkan menuju ke Facebook EvilicaCell lalu klik tombol Hubungi kami.

Mencegah & Memperbaiki Hardisk Bad Sector Ampuh

Halo kawan EvilicaCell bertemu lagi dengan saya admin dari situs tutorial paling work didunia ini, di kesempatan kali ini saya akan share pengalaman mengenai hardisk yang terkena Bad Sector atau kerusakan pada hardisk umunya tergolong ada 2 bagian.

Yang pertama bad sector kerusakan fisik karena terbentur, jatuh ,atau terkena air. Yang ke dua bad sector karena masalah di software seperti hardisk yang mati karena aliran listrik yang drop, gagal saat transfer file, mati mendadak karena mati listrik dari PLN dan lain-lain.

Untuk hardisk yang rusak fisik sebaiknya jangan di pertahankan lagi atau bisa claim garansi jika masih memiliki garansi. Tapi untuk hardisk yang bad sectore karna kesalahan software kita masih bisa memperbaikinya sendiri dengan cara Repair menggunakan berbagai jenis software yang di khusus kan untuk repair hardisk bad sector.

Sebenarnya banyak software untuk repair bad sectore, tapi saya sendiri lebih percaya dengan tool yang ada dari windows 7 (tool bawaan windows 7) nama tool nya adalah Error-Checking. 

Cara nya cukup mudah namun membutuhkan waktu yang lama tergantung kapasitas hardisk tersebut, maka dari itu jika kalian ingin repair hardisk di sarankan memiliki waktu luang dan tidak ada hal yang perlu di kerjakan. Saya sendiri pun repair hardisk kapasitas 500GB memakan waktu sekitar 3jam-4jam tergantung kerusakan nya.

Oke langsung saja, lalu bagaimana cara mengecek dan memperbaiki hardisk yang bad sector atau lemot banget? simak artikel ini serta langkah-nya dan tolong jangan malas untuk membaca agar tidak gagal paham.

Pertama pastikan dulu hardisk masih terbaca di komputer atau laptop, minimal terdeteksi di my computer.

Tutorial Mengecek Hardisk Bad Sector Windows:
Error-checking Windows
Pertama buka My Computer klik kanan hardisk yang ingin di repair, pilih properties geser ke tab "Tool" pada bagian Error-Checking kalian klik Check now > nanti akan muncul jendela baru kalian beri checklis pada Automatically fix system error dan centang juga Scan for and attempt recovery of bad sector lalu klik Start.

Setelah kalian klik start berarti proses sudah berjalan dan tugas kalian tinggal tunggu selesai saja. Sembari nunggu mending kalian baca penjelasan ini sampai akhir. Proses ini tidak menghapus data yang ada di hardisk, tapi alangkah baiknya jika hardisk kalian sudah parah backup data penting terlebih dahulu ke tempat yang aman.

Jika proses Checking sudah selesai insyallah hardisk kalian bisa normal lagi. Tapi jika tidak, terpaksa kalian harus "men-format dan partisi ulang" untuk penjelasan dan cara mengatasi nya. Jika proses nya sudah selesai nanti PC akan merestart otomatis.

Tanda-tanda hardisk bad sector

  • Saat tranfer file terasa lama bahkan sering terjadi gagal.
  • Hardisk mengeluarkan bunyi berdecit.
  • Yang lebih parah hardisk sulit terdeteksi di komputer.

Lalu bagaimana cara menghindari bad sector pada Hardisk di PC atau Laptop? simak penjelasan dibawah ini dan tolong jangan malas untuk membaca agar tidak gagal paham.

Cara menghindari Hardisk Bad sector

  1. Jangan menggunakan power supply yang drop atau aliran listrik-nya kurang, karena dapat menyebabkan bad sector.
  2. Terlalu sering PC mati secara mendadak tanpa di Shut Down terlebih dahulu.
  3. Men-cancel atau batalkan saat proses copy paste file, terutama dengan cara paksa.
  4. Adanya virus berbahaya yang masuk ke hardisk, jadi sebaiknya gunakan Anti Virus terpercaya.
  5. Terbentur atau terjatuh.
  6. Terkena cairan apapun itu.

Jadi jika tidak ingin hardisk kalian bad sector hindari hal-hal yang mimin sebutkan diatas. Ohiya satu lagi pengalaman saya saat mengatasi Hardisk Bad Sector.

Waktu saya ingin men-transfer file selalu gagal, saya coba restart PC lalu ulangin tranfer file nya dan berhasil, tapi jika masih gagal itu berarti file nya sudah parah dan tidak bisa di selamatkan.

Kalian harus rela file nya di hapus, karena jika di biarkan ada di hardisk percuma saja hanya memakan ruang dan tidak bisa di gunakan lagi.

Oke mungkin sekian dari EvilicaCell, semoga hardisk kalian bisa di selamatkan dan jika ada pertanyaan kalian bisa tanyakan di kolom komentar dan silahkan subscribe channel YouTube EvilicaCell untuk mendapatkan update seputar tutorial lain-nya.

Posting Komentar untuk "Mencegah & Memperbaiki Hardisk Bad Sector Ampuh"