Jasa service online via remote atau keperluan bisnis lain nya, bisa hubungi Facebook EvilicaCell lalu klik tombol Hubungi kami.

Tutorial Flash Vivo Y30 PD1987F via SP FlashTool Work

Halo kawan EvilicaCell bertemu lagi dengan saya admin dari situs tutorial paling work di dunia ini, di kesempatan kali ini saya akan share cara flashing firmware Vivo Y30 dengan tipe PD1987F yang mengalami masalah pada system seperti bootloop (stuck logo), error restart, mati total karena software, bisa di perbaiki dengan cara flash ulang seperti yang akan saya jelaskan pada artikel ini.

Cara flashing firmware Vivo Y30 PD1987F via SP FlashTool ini sudah saya coba dan berhasil tanpa kendala untuk memperbaiki Vivo Y30 yang bootloop (stuck logo), dan sebagai bukti sekaligus untuk mempermudah memahami cara flash Vivo Y30 via SP FlashTool, saya akan sertakan video di akhir artikel.

Untuk kasus Vivo Y30 yang terkunci layar seperti lupa pola, terkunci PIN atau password, sebaiknya kalian coba cara reset nya saja, karena lebih mudah dan minimal resiko dengan cara berikut "tutorial reset Vivo Y30 terkunci" untuk penjelasan dan cara mengatasi nya. Kecuali jika Vivo Y30 sudah terlanjur tidak bisa masuk ke menu atau mati total.

Oke langsung saja, lalu bagaimana cara mengatasi Vivo Y30 tidak bisa masuk ke menu dengan cara flash firmware? simak artikel ini sampai akhir dan tolong jangan malas untuk membaca agar tidak gagal paham dan menyebabkan proses flash gagal.

Pertama kalian wajib matikan / disable dulu AntiVirus pada Windows yang kalian gunakan, bisa cek di artikel berikut "cara non-aktifkan AntiVirus Windows" untuk penjelasan dan cara mengatasi nya.

Selanjutnya kalian pastikan dulu tipe nya adalah PD1987F yaitu Vivo Y30, agar tidak salah tipe firmware dan menyebabkan proses flash gagal atau bahkan bisa mati total. Cara cek detail tipe nya, kalian bisa cek di artikel berikut "cara cek tipe version HP Vivo" dan pastikan tipe nya adalah PD1987F.

Jika sudah yakin dengan ke dua syarat diatas yang saya sebutkan tadi, selanjutnya kalian bisa download file firmware yang di butuhkan melalui link di bawah ini.

How To Flash Vivo Y30 PD1987F via SP FlashTool Update 2023 Work:

  1. Download firmware PD1987F_EX_A_1.70.26 via Google Drive atau via AndroidFileHost atau via MediaFire, dengan cara klik link download lalu tunggu loading selesai > klik tombol get link lalu scroll kebawah, tunggu loading selesai lalu klik tombol go to link, nanti akan di arahkan ke halaman download.
  2. Extract firmware Vivo Y30 hasil download tadi, dengan cara klik kanan lalu pilih Extract here (password: evilicacelldotcom) dan tunggu sampai proses extract selesai, nanti akan menghasilkan folder serta isi firmware nya.
  3. Download QcomMtk_Driver_Setup_V2.0.1.1 dengan cara seperti tadi, lalu extract dengan cara klik kanan > pilih extract here dan install semua drivers berformat .exe > klik kanan pilih Run as administrator dan install hingga selesai.
  4. Download SP_Flash_Tool_v5.2052.rar atau via MediaFire dengan cara seperti tadi, lalu extract dengan cara seperti tadi juga, dan jalankan flash_tool.exe dengan cara klik kanan > lalu pilih Run as administrator dan tunggu sampai SP FlashTool v5 terbuka.
  5. Klik tombol choose pada Scatter-loading file lalu arahkan ke file firmware Vivo Y30 hasil extract tadi (MT6765_Android_scatter.txt) lalu klik Open dan tunggu sampai proses load firmware selesai.
    Flash Vivo Y30 PD1987F via SP FlashTool
  6. Hilangkan centang pada bagian Preloader untuk berjaga-jaga jika firmware tidak cocok, agar tidak mati total, tetapi jika sudah terlanjut mati total atau jika proses error, kalian centang saja tidak masalah, inti nya optional.
  7. Biarkan SP FlashTool terbuka seperti itu dulu, selanjut nya download file Auth_Bypass_Tool_v6+libUSB atau via Mega.nz dengan cara seperti tadi, lalu extract dengan cara seperti tadi juga, nanti akan menghasilkan 2 folder serta isi nya.
  8. Install libusb-win32-devel-filter-1.2.6.0.exe dengan cara klik kanan lalu pilih next next saja dan install hingga selesai > klik finish, lalu centang pada bagian Install a device filter lalu klik next.
  9. Posisi Vivo Y30 mati dan terisi baterai, tekan dan tahan volume up sambil hubungkan ke PC menggunakan kabel USB, perhatikan di bagian LibUSB description akan muncul driver MediaTek yang terhubung, langsung cepat klik driver nya dan langsung cepat klik tombol install.
  10. Jika driver filter nya sudah sukses terinstall, maka akan muncul notifikasi install device filter successfully lalu klik tombol OK, lepas kabel USB dari HP Vivo Y30.
  11. Jika HP Vivo Y30 hidup otomatis, kalian bisa matikan lagi secara manual, selanjutnya jalankan mtksecbypass.exe yang berada didalam folder MTK Auth Bypass lalu klik kanan > pilih Run as administrator dan tunggu sampai MTK Auth Bypass Tool terbuka.
  12. Klik tombol Disable Auth nanti akan muncul tulisan Waiting for mtk usb device.. dan ulangi lagi step ke 9, posisi Vivo Y30 mati dan terisi baterai, tekan dan tahan tombol volume up sambil hubungkan ke PC, maka proses bypass auth akan berjalan otomatis dan tunggu sampai prosees bypass auth selesai, di tandai dengan tulisan MTK Secure boot bypass success!
  13. Fokus lagi ke SP FlashTool yang sudah kita buka tadi, klik menu Options pada SP FlashTool lalu klik Option > klik Connection dan ubah menjadi UART > ubah Com port nya menjadi Com sesuai yang muncul di device manager (MediaTek atau Preloader)
  14. Pada bagian Baud rate ubah menjadi yang paling atas (921600), lalu close menu Option nya dan klik tombol Download pada SP FlashTool dan proses flash Vivo Y30 akan berjalan secara otomatis, muncul bar merah lalu kuning dan tunggu sampai proses flash Vivo Y30 via SP FlashTool selesai.

Saat proses flashing Vivo Y30 via SP FlashTool sedang berlangsung, pastikan tidak putus koneksi antara HP Vivo Y30 dengan PC nya ya gan, inti nya jangan sampai ada gangguan dan jika proses flash sudah selesai, maka akan muncul notifikasi Download OK ceklis hijau pada SP FlashTool.

Selanjutnya kalian bisa lepas kabel USB dari HP Vivo Y30 dan nyalakan seperti biasa dengan menekan tombol power seperti biasa dan tunggu sampai masuk ke setup awal, dan selamat kalian sudah berhasil melakukan flash pada Vivo Y30.

Jika kalian tidak punya PC atau laptop, tetapi tetap ingin melakukan flash firmware Vivo Y30, kalian bisa coba flash tanpa PC dengan cara berikut "flash Vivo Y30 PD1987F via SD Card" untuk penjelasan dan cara mengatasi nya.

Sekarang Vivo Y30 sudah bisa di gunakan dengan normal lagi, jika dirasa proses flash sukses namun masih ada masalah atau tidak ada perubahan, kalian bisa cek artikel berikut "flash sukses tapi masih nihil" untuk penjelasan dan cara mengatasi nya.

Untuk mempermudah memahami cara flash Vivo Y30 PD1987F via SP FlashTool, kalian bisa tonton video diatas berikut: (video diatas juga sebagai bukti kalau cara flash Vivo Y30 via SP FlashTool ini sudah saya coba dan berhasil tanpa kendala)

Oke mungkin sekian tutorial flash Vivo Y30 PD1987F via SP FlashTool dari EvilicaCell, jika masih ada yang bingung atau kesulitan download, kalian bisa komentar dibawah, dan silahkan subscribe channel YouTube EvilicaCell untuk mendapatkan update seputar tutorial lain-nya.

Posting Komentar untuk "Tutorial Flash Vivo Y30 PD1987F via SP FlashTool Work"