Di Uji Coba sebelum di publish itulah keunggulan EvilicaCell dibanding dengan situs tutorial lain, dan all file for free.
Search Me "EvilicaCell"

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Android

Halo kawan kawan bertemu lagi dengan saya admin dari situs yang sederhana ini,dikesempatan kali ini saya akan share cara Mengatasi Memori Internal Penuh pada Android. Ruang penyimpanan penuh pada smartphone khususnya android bisa disebabkan oleh beberapa faktor, bisa dari file system yang terlalu besar bisa karena hardware (biasanya Emmc).

Ruang penyimpanan penuh pada smartphone kita tentu saja membuat kita bingung dan kesal, bagaimana tidak? Jika kita tidak meng-install apa-apa tetapi tetap saja memori penyimpanan sesak dan penuh. Hal ini bisa menyebabkan Android kita menjadi lemot, bahkan bisa berakibat bootloop.

Jika anda memiliki memori internal 2 GB kebawah dan meng-install banyak aplikasi berukuran besar wajar saja memori menjadi penuh, jadi saran saya hapus aplikasi yang tidak terpakai/ tidak diperlukan. Jika anda memiliki memori internal berkapasitas besar seperti 8 GB keatas lalu memori penuh itu baru tidak wajar. Lalu bagaimana cara ampuh mengatasi Ruang penyimpanan penuh pada Android? Simak artikel ini sampai akhir ya guys...

Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Pada Android:

  1. Setiap anda install aplikasi, sebelum dibuka pindahkan dulu ke kartuSD/memori eksternal. Tapi tidak semua aplikasi bisa dipindahkan, contohnya layanan Google play, Google PlayStore dll.. Karena aplikasi tersebut adalah sistem dari Android kalian. Jika di paksa pindah ke kartuSD (Rooted) akan mengakibatkan gagal sistem. Jadi pindahkan aplikasi seperti game, sosmed kecuali BBM. Jika ingin memindahkan aplikasi BBM ke kartu SD gunakanlah BBM Delta (Modifikasi) agar bisa dipindahkan ke memori external. Intinya pindahkan aplikasi yang bisa di pindahkan ke kartuSD.
  2.  Buka kamera lalu pilih setting/pengaturan penyimpanan, simpan di kartuSD. Cara ini akan menyimpan hasil foto di kartuSD secara otomatis.
  3. Biasanya di browser bawaan Android terdapat pengaturan penyimpanan unduhan, lalu pilih simpan di kartuSD. Jika tidak ada pilihan tersebut kalian bisa pindahkan secara manual dengan cara buka file manager 📁 lalu buka folder Download yang berada di memori internal, setelah itu pindahkan file-file hasil download ke kartuSD, caranya tekan dan tahan filenya lalu pilih Cut/potong/pindah, bukan salin/copy. Lalu tempel atau paste di kartuSD.

Intinya dengan cara diatas "jangan biarkan ada file-file pribadi seperti foto/video/lagu berada di memori internal" Internal hanya untuk sistem Android saja.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Melalui Setting/ Pengaturan:

  1. Pergi ke setelan/setting di Android
  2. Pilih penyimpanan
    Pengaturan Penyimpanan Sony Xperia
  3. Hapus data dalam cache dan serbaneka, lakukan dengan rajin cara-caranya agar memori internal kalian tetap lega.

Dengan cara di atas memori internal kalian akan sedikit lebih lega. Jika kurang puas android anda harus sudah di Root tapi cara ini khusus untuk senior Android aja ya gan. Kalian juga boleh coba cara Root Android di tutorial selanjutnya. Jika ingin cara yang lebih ampuh dan minim resiko kalian bisa Flash / Install Ulang menggunakan OS terbaru sesuai tipe Smartphone kalian masing-masing.

Oke mungkin sekian Tutorial Mengatasi Memori Internal Penuh pada Android dari Evilica Cell, jika masih ada yang bingung atau kesulitan kalian bisa berkomentar dibawah, dukung kami dengan cara subscribe channel YouTube Evilica Cell secara gratis and see you next time :)

6 Responses to "Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Android"

  1. thanks infonya gan...tapi walaupun dipindah kayanya ga ngaruh juga gan...saya udah coba tpi memorinya masi internalnya masi pnuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. oalah berarti emang udah gak cukup tuh memori nya gan.

      Delete
  2. Thnaks gan, gak perlu tanpa hapus aplikasi :)

    ReplyDelete
  3. wah penting nih
    memori internal ane cuma 8gb gan jadi sering penuh
    thanks buat infonya ya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel