Jasa repair software via online, Jasa promotion blog / backlink dan keperluan bisnis lain-nya, silahkan menuju ke Facebook EvilicaCell lalu klik tombol Hubungi kami.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke OBS (Webcam)

Hallo kawan EvilicaCell bertemu lagi dengan saya admin dari situs tutorial yang sederhana ini, dikesempatan kali ini saya akan share tutorial cara menghubungkan kamera HP ke OBS Studio untuk dijadikan sebagai Webcam kamera PC.

Untuk yang ingin mencoba perekam layar untuk Windows secara gratis dan resmi (bisa streaming) karna legal, kalian bisa cek di artikel berikut (Cara Rekam Layar PC menggunakan software gratis dan legal) untuk penjelasan dan cara mengatasi nya.

Bagi kalian yang ingin merasakan mempunya Webcam (kamera PC) tetapi tidak punya kamera Webcam, bisa menggunakan kemera HP dengan cara di tutorial ini. Cara menjadikan kamera HP sebagai kamera webcamsangatlah mudah, kalian hanya perlu 1 aplikasi yang bernama IP Webcam, dan untuk cara selengkapnya kalian bisa simak artikel berikut ini.

Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai Webcam PC [Update]:
  1. Download aplikasi IP Webcam di PlayStore lalu install di Smartphone kalian seperti biasa hingga selesai
  2. Pastikan OBS Studio sudah terinstall di PC kalian, jika belum kalian bisa download OBS melalui situs resminya secara gratis
  3. Jalankan IP Webcam yang sudah terinstall di HP kalian tadi, klik allow / izinkan jika ada notifikasi akses
  4. Sesuaikan settingan (pengaturan) pada aplikasi IP Webcam kalian, jika tidak mengerti kalian boleh skip saja. Saran saya biarkan pengaturan secara default
  5. Geser kepaling bawah lalu klik Start Server, jika ada notifikasi download klik saja Yes.
  6. Akan terbuka kamera HP kalian, lalu akan terlihat IP address dibagian bawah layar
    ip address IP Webcam
  7. Jalankan / buka OBS Studio yang sudah terinstall di PC kalian tadi, lalu klik logo + (tambah) pada Display Capture akan muncul menu Creater / select surce lalu klik OK
  8. Klik lagi logo + (tambah) dan kali ini pilih BrowserSurce, lalu pada URL kalian isi dengan alamat IP yang muncul di aplikasi IP Webcam tadi (cek step no. 6) dan pada bagian belakang tambahkan /browserfs.html
    URL Browserfs.html OBS Studio
    Contoh: http://192.168.1.1:8080/browserfs.html
  9. klik OK dan kamera HP kalian sudah bisa terhubung ke OBS Studio sebagai kamera Webcam

Jika pada tahan terakhir masih tidak bisa terhubung, kalian bisa cek koneksi internet kalian, restart koneksi internet jika perlu, lalu lakukan lagi dari step 3 sampai akhirnya kamera HP berhasil terhubung ke OBS Studio.

Untuk mempermudah memahami tutorial menghubungkan kamera HP ke OBS Studio kalian bisa tonton video tutorial berikut ini: (video diatas juga sebagai bukti kalau tutorial menghubungkan kamera HP ke OBS studio ini berhasil)

Oke mungkin sekian tutorial cara menghubungkan kamera HP ke OBS Studio dan jadikan kamera HP sebagai kamera Webcam di PC dari EvilicaCell, jika masih ada yang bingung atau kesulitan download kalian bisa komentar dibawah dan jangan lupa untuk suuport kami dengan cara subscribe channel YouTube EvilicaCell untuk mendapatkan update seputar tutorial lain-nya and see you next time.

1 komentar untuk "Cara Menghubungkan Kamera HP ke OBS (Webcam)"

  1. Untuk yang ingin menggunakan USB (Tanpa LAG) bisa cek disini:
    https://youtu.be/hFUFXjA4qbE <<<< (tutorial mirroring Android ke PC menggunakan kabel USB)

    BalasHapus