Jasa repair software via online, Jasa promotion blog / backlink dan keperluan bisnis lain-nya, silahkan menuju ke Facebook EvilicaCell lalu klik tombol Hubungi kami.

Tips Cara Buat Artikel SEO Friendly Agar Ranking

Hallo kawan EvilicaCell bertemu lagi dengan saya admin dari situs tutorial paling work didunia ini, di kesempatan kali ini saya akan share cara membuat / menulis artikel yang SEO friendly agar muncul di halaman depan pencarian Google yang bisa kalian coba dengan mudah.

Tutorial membuat artikel SEO friendly ini sudah saya coba sendiri dan berhasil untuk bersaing di halaman depan hasil pencarian search engine seperti Google, Bing dan Yahoo. Dan sebagai bukti sekaligus untuk mempermudah memahami cara membuat artikel SEO friendly, saya akan sertakan video tutorial di akhir artikel.

Sebelum melakukan cara membuat artikel SEO friendly sebaiknya kalian pelajari dulu cara membuat blog dengan benar di artikel berikut "cara membuat blog pemula" agar lebih paham dan maksimal hasilnya.

Sebenar nya cara membuat artikel SEO gampang-gampang susah ya gan, tergantung niche atau tema blog yang dibahas tentang apa. Contoh nya di EvilicaCell membahas tentang teknologi, jadi disini saya contohkan artikel seputar teknologi.

How To Make SEO Friendly articles update 2022 Work:

Oke langsung saja, lalu bagaimana cara membuat / menulis artikel yang SEO agar masuk ke halaman depan? simak artikel ini sampai akhir dan tolong jangan malas untuk membaca agar tidak gagal paham.

1. Tentukan Niche / Kategori yang sesuai
Pertama pastinya kalian harus menentukan niche atau konten kategori artikel yang ingin dibuat, entah itu seputar teknologi, traveling, tutorial dan lain-lain.

Saran dari saya adalah, buat artikel dengan kategori yang kalian suka atau hobi yang kalian minati. Contohnya kalian suka dengan dunia otomotive, jadi kalian bisa buat artikel seputar otomotive.

2. Reset Keyword / Reset kata kunci
Setelah menentukan niche atau kategori artikel yang ingin kalian buat, selanjutnya kalian bisa reset kata kunci yang ingin kalian target kan.

Kalian bisa manfaatkan tools atau alat untuk reset keyword seperti Google Trand, UberSuggest dan KWfinder. Tapi jika tidak ingin repot atau cara yang gampang, kalian bisa memanfaatkan Google Seacrh untuk mencari kata kunci yang di targetkan.\

Contohnya disini saya memanfaatkan Google Seacrh untuk menentukan kata kunci, dan kalian bisa memilih kata kunci yang serupa untuk dijadikan judul artikel.

3. Optimasi Judul Artikel
Tips Cara Buat Artikel SEO Friendly
Seperti yang saya jelaskan di langkah nomor 2 tadi, setelah kalian reset Keyword, selanjutnya kalian bisa buat judul artikel nya.

Buat judul artikel semenarik mungkin agar orang-orang yang sedang mencari informasi di Google, tertarik untuk membuat artikel yang kita buat. Contohnya kalian bisa tambahkan kata-kata pendukung seperti "Update 2022" atau "100% Berhasil" dan sejenis nya, dengan catatan tidak boleh lebay (klik bait)

4. Menggunakan Bahasa yang tidak terlalu Baku
Tips Cara Buat Artikel SEO Friendly
Selanjutnya kalian bisa menulis artikel sebaik mungkin sesuai yang di targetkan diawal, usahakan membuat artikel dengan bahasa yang gampang di pengerti oleh orang lain (pembaca artikel kita), tidak perlu terlalu baku.

Gunakan bahasa indonesia dengan benar dan gampang untuk di mengerti oleh pembaca, salah satu cara latihan nya, kalian harus sering-sering membaca artikel dari saingan kalian, dan pelajari cara mengetik dan bahasa yang di gunakan.

5. Semakin banyak kata, semakin bagus sebuah artikel
Sebenarnya Google tidak menentukan harus minimal berapa kata agar artikel di kategorikan sebagai artikel SEO, tapi semakin banyak kata-kata dalam artikel, semakin SEO juga nilai artikel nya dengan catatan "kata-kata yang kalian tulis harus sesuai dengan apa yang dibahas di artikel yang kalian buat.

Contohnya jika kalian membuat artikel tentang tutorial smartphone, dan tutorial nya cukup singkat, itu berarti tidak perlu kata-kata yang terlalu banyak, toh juga artikel tutorial cuma butuh beberapa langkah untuk membuat nya.

Yang terpenting adalah, semua kata-kata yang kalian tulis didalam artikel, menginformasikan apa yang dibutuhkan oleh pembaca kita (pengunjung blog)

6. Paragraf, Kalimat, dan baris artikel harus rapih
Paragraf didalam artikel cukup penting jika kalian ingin membuat artikel kalian bertahan di halaman depan pencarian Google. Menulis dengan gaya serapih mungkin dan tidak acak-acakan membuat pembaca kita betah berada diblog yang kita buat.

Semakin lama pengunjung blog membaca artikel yang kita buat, maka nilai SEO pun akan semakin meningkat. Intinya buat pengunjung blog kita merasa nyaman untuk membaca dan memahami artikel yang kita buat dengan cara merapihkan ketikan kita.

7. Gunakan Gambar yang menarik
Didalam sebuah artikel, kalian wajib memasukan gambar minimal 1, dengan format webp. Ingat ya, formatnya wajib webp dengan ukuran yang paling ringan.

Kenapa gambar didalam artikel format nya harus webp? karena gambar dengan format webp adalah gambar dengan ukuran paling kecil, semakin kecil ukuran gambar maka semakin ringan juga artikel untuk di buka oleh perangkat.

Untuk merubah gambar apapun menjadi format webp, kalian bisa cek di artikel berikut "cara merubah gambar menjadi format webp" untuk penjelasan dan cara mengatasi nya.

Selain itu, gambar dalam artikel juga lah penting agar pembaca artikel kita tidak terlalu bosan untuk membaca artikel kita sampai habis, dan juga berfungsi agar membaca kita bisa lebih gampang untuk memahami isi artikel kita.

8. Cek atau periksa lagi artikel sebelum kalian Publish
Tips Cara Buat Artikel SEO Friendly
Setelah kalian berhasil membuat sebuah artikel yang SEO, kalian wajib test dulu menggunakan Tools dari Google seperti Google Speedlight web, Google test mobile Friendly dan Google test data terstruktur.
Tips Cara Buat Artikel SEO Friendly
Kalian bisa masukan URL artikel yang kalian buat tadi, dan pastikan nilai artikel nya hijau / ceklis hijau / dan mempunyai nilai bagus. Setelah yakin nilai artikel yang kalian buat tadi sudah memenuhi syarat SEO baru deh kalian publish artikel nya. 

Kesimpulan: jadi kesimpulan yang akan saya jelaskan disini adalah, buat artikel dengan konten yang kita minati atau sebuah hobi yang kita suka, lalu tentukan judul yang menarik tapi tidak perlu terlalu lebay (klik bait), isi dengan kata dan bahasa yang mudah di pahami tidak perlu terlalu baku. Di tambah gambar dengan ukuran ringan yang menarik.

Dengan demikian tips yang saya jelaskan di atas tadi, maka kalian bisa pelajari lagi cara membuat artikel yang SEO friendly agar bisa bersaing di halaman dengan hasil pencarian Google.

Jika sudah membuat artikel yang SEO, langkah selanjutnya kalian bisa submit URL artikel ke Google Search Console agar artikel cepat terindex Google.

Untuk mempermudah memahami cara membuat artikel Seo Friendly, kalian bisa tonton video tutorial di atas berikut ini: (video diatas juga sebagai bukti kalau cara membuat artikel SEO friendly ini sudah saya coba dan berhasil untuk bersaing di halaman depan hasil pencarian Google)

Oke mungkin sekian tutorial menulis artikel SEO friendly dari EvilicaCell, jika masih ada yang bingung atau kesulitan paham, kalian bisa komentar dibawah dan silahkan subscribe channel YouTube EvilicaCell untuk mendapatkan update seputar tutorial lain-nya.

2 komentar untuk "Tips Cara Buat Artikel SEO Friendly Agar Ranking"