Jasa repair software via online, Jasa promotion blog / backlink dan keperluan bisnis lain-nya, silahkan menuju ke Facebook EvilicaCell lalu klik tombol Hubungi kami.

Tutorial Backup & Restore Game Epic Games Launcher

Halo kawan EvilicaCell bertemu lagi dengan saya admin dari situs tutorial paling work di dunia ini, di kesempatan kali ini saya akan share cara backup dan restore data game di Epic Games Launcher pada PC atau laptop, agar tidak perlu download ulang seperti yang akan saya jelakan di artikel ini.

Tutorial cara backup game di Epic Games Launcher ini sudah saya coba dan 100% berhasil tanpa kendala untuk backup data game ke tempat yang lebih aman seperti flashdisk atau harddisk external. Dan sebagai bukti sekaligus untuk mempermudah memahami cara backup data game di Epic Games, saya akan sertakan video tutorial di akhir artikel.

Oke langsung saja, lalu bagaimana cara backup data game di Epic Games Launcher agar tidak download ulang? simak artikel ini sampai akhir dan tolong jangan malas untuk membaca agar tidak gagal paham.

Pertama pastikan game di Epic Games Launcher sudah paling terupdate, jika ada notifikasi update, silahkan kalian update game nya terlebih dahulu. Hal ini untuk meminimalkan ukuran download jika game ingin kita resotre.

Pastikan penyimpanan atau free space pada disk yang ingin kalian jadikan tempat backup masih banyak, untuk menghindari gagal akibat penyimpanan (free space) tidak cukup, karena ukuran game di Epic Games rata-rata berukuran besar. Jika ke dua syarat sudah terpenuhi, kita bisa lanjut ke step cara backup data game di Epic Games Launcher berikut ini.

Tutorial Backup Data Game Epic Games Launcher Update:

  1. Pastikan game yang ada di Library Epic Games sudah terupdate, jadi jika masih ada update available silahkan update terlebih dahulu.
  2. Buka atau open File Explorer lalu ke Disk C > Program Files > Epic Games.
  3. Di dalam folder ini akan ada folder game game apa saja yang sudah kalian install di Epic Games Launcher.
  4. Selanjutnya kalian buka folder game nya, contoh disini saya buka folder game GTA 5.
  5. Select all atau blok semua file & folder, yang ada di dalam folder game nya, lalu kalian klik kanan dan pilih Copy.
  6. Buka disk / penyimpanan yang ingin kalian jadikan tempat backup, bisa buat folder baru dengan cara klik kanan > lalu pilih New folder dan buat nama sesuai nama Game nya (bebas). Baca juga: Cara mempercepat transfer file Disk eksternal.
  7. Lalu paste didalam disk backup nya, dan tunggu sampai proses copy paste data game nya selesai, durasi copy paste game tergantung pada ukuran game dan kecepatan disk nya.

Dengan cara backup data game di Epic Games Launcher yang saya jelaskan diatas, kalian sudah berhasil melakukan proses backup game di Epic Games Launcher, jadi jika kalian ingin install ulang Windows 10 nya, tidak perlu lagi download ulang.

Kalian bisa restore data game yang sudah kalian copy (backup) tadi di disk cadangan, dan untuk cara restore game di Epic Games Launcher, kalian bisa simak step artikel dibawah ini, yaitu cara restore game di Epic Games Launcher tanpa download ulang.

Tutorial Restore Data Game Epic Games Launcher Tanpa Download Ulang:

  1. Pastikan kalian sudah install software Epic Games Launcher di Windows kalian, lalu login menggunakan akun Epic Games yang terhubung pada game yang kalian ingin restore.
  2. Update dulu Epic Games Launcher jika update tersedia, lalu ke menu Library pada Epic Games.
  3. Klik tombol install lalu klik tombol next next saja sampai proses download berjalan, tidak perlu download sampai selesai, cukup sebentar saja. Hal ini bertujuan agar muncul nama folder di dalam directory Epic Games nya.
  4. Selanjutnya klik tombol pause atau tombol "X" setelah proses download berjalan. Baca juga: Cara backup & restore game di Steam.
  5. Close aplikasi Epic Games Launcher, close juga icon Epic Games yang ada di bawah kanan layar > klik kanan lalu pilih exit.
  6. Selanjutnya buka directory folder installan game nya, di Disk C > Program Files > Epic Games, maka akan muncul nama folder game yang kalian download sebentar tadi.
  7. Contoh nya disini adalah GTA 5, selanjutnya kalian copy data game yang sudah kalian backup sebelum nya, dan paste semua file data game didalam folder nama game nya.
  8. Tunggu sampai proses paste nya selesai semua, dan jika ada file yang sama, kalian bisa Replace / timpa saja.

Setelah proses paste nya sudah selesai 100% tanpa ada file atau folder yang tertinggal, selanjutnya kalian bisa jalankan / buka Epic Games Launcher nya lagi > klik kanan Epic Games lalu pilih Run as administrator dan tunggu sampai Epic Games nya terbuka.

Pastikan koneksi internet dan akun Epic Games kalian berjalan dengan baik, lalu ke menu Library lagi > dan klik tombol resume (lanjutkan) yang ada di bawah game di Library.

Pada step ini Epic Games akan verifikasi semua file yang sudah kalian copy paste di lokasi installasi game di folder Epic Games Launcher tadi, dan tunggu sampai proses Verif Files selesai. Jika ada update mungkin hanya download beberapa files saja dan tidak download full dari 0. Jadi proses nya sebentar kok, gak selama download ulang h3h3.

Untuk mempermudah memahami cara backup dan restore data game di Epic Games Launcher, kalian bisa tonton video tutorial nya diatas berikut ini: (video diatas juga sebagai bukti kalau cara backup restore game di Epic Games Launcher ini sudah saya coba dan berhasil tanpa download ulang)

Oke mungkin sekian tutorial backup & restore data game di Epic Games Launcher tanpa download ulang dari EvilicaCell, jika masih ada yang bingung atau kesulitan, kalian bisa komentar dibawah dan silahkan subscribe channel YouTube EvilicaCell untuk mendapatkna update seputar tutorial lain-nya.

1 komentar untuk "Tutorial Backup & Restore Game Epic Games Launcher"