Jasa repair software via online, Jasa promotion blog / backlink dan keperluan bisnis lain-nya, silahkan menuju ke Facebook EvilicaCell lalu klik tombol Hubungi kami.

Menjadikan Kamera HP Sebagai Kamera PC (Webcam) OBS

Halo kawan EvilicaCell bertemu lagi dengan saya admin dari situs yang sederhana ini, dikesempatan kali ini saya akan share cara menjadikan Kamera HP sebagai Kamera PC atau Webcam menggunakan OBS Studio (Free Screen Recorder).

Oke langsung saja, lalu bagaimana cara menjadikan kamera HP sebagai kamera webcam di PC atau Laptop menggunakan OBS? simak artikel ini sampai akhir dan tolong jangan malas untuk membaca agar tidak gagal paham.

Nah untuk kalian yang ingin membuat tutorial video, video gaming di youtube atau situs lainnya dan tidak memiliki camera webcam saya beri cara alternatif nya yang hemat biaya dan sangat mudah untuk di praktikan. Cara ini sangat mudah dan sudah saya coba pada OBS Studio versi terbaru dan berhasil.

Sebelum melakukan cara ini sebaiknya kalian siapkan semua software dan hardware yang dibutuhkan, seperti OBS Studio, Jaringan Internet, HP Android yang terdapat kamera-nya.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke OBS Update Work:

  1. Pertama kalian harus download dan install aplikasi bernama IP Webcam pada HP Android kalian.
  2. Pastikan OBS Studio sudah terinstall pada PC kalian, jika belum bisa download disitus resminya secara gratis dan legal.
  3. Jalankan aplikasi IP Webcam pada android lalu sesuaikan settingan yang kalian inginkan, jika tidak mengerti boleh kalian skip saja.
    IP Webcam
  4. Geres kepaling bawah lalu pilih Start Server, jika ada peringatan pilih saja yes.
  5. Akan terbuka kamera HP lalu kalian akan melihat alamat IP dibagian bawah layar smartphone.
    IP Wabcam
  6. Buka OBS Studio lalu klik tombol + pada Display Capture, maka akan muncul jendela Create/ Select source lalu klik OK.
  7. Klik lagi tombol + dan kali ini pilih BrowserSource lalu pada URL kalian isi dengan URL IP yang terdapat pada IP Wabcam di Smartphone kalian
    OBS BrowserSource
    OBS BrowserSource
  8. Klik OK maka kamera HP sudah terhubung dengan OBS dan bisa dijadikan sebagai kamera Webcam.

Jika kamera HP sudah muncul pada layar OBS kalian sudah berhasil menggunakan kamera HP sebagai kamera PC atau Webcam dan bisa di gunakan untuk merekam atau Live Streaming.

Untuk mempermudah memahami Cara Menggunakan kamera HP sebagai kamera PC (Webcam) kalian bisa tonton video berikut: (video diatas juga sebagai bukti kalau cara jadikan kamera HP sebagai kamera laptop ini sudah saya coba dan berhasil tanpa kendala)

Oke mungkin sekian tutorial cara menghubungkan kamera HP sebagai kamera webcam menggunakan OBS dari EvilicaCell, jika masih ada yang bingung atau kesulitan download kalian bisa komentar dibawah dan jangan lupa untuk support kami dengan subscribe channel YouTube EvilicaCell secara gratis and see you next time.

4 komentar untuk "Menjadikan Kamera HP Sebagai Kamera PC (Webcam) OBS"

  1. Saya coba diwarnet gak bisa,ada solusi gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca komentar di youtubenya gan, disitu sudah banyak penjelasan

      Hapus
  2. Untuk yang ingin menggunakan USB (Tanpa LAG) bisa cek disini:
    https://youtu.be/hFUFXjA4qbE <<<< (tutorial mirroring Android ke PC menggunakan kabel USB)

    BalasHapus