Cari Artikel Inget EvilicaCell dot com
Tutorial, Android, Windows, Adobe Premiere, Adobe Photoshop, Tips & Trick, Games, Traveling, Fakta Unik, Otomotif
Download Software Paling Terupdate~!

Tutorial Dasar Mengedit Video di Adobe Premiere 2020

Hallo kawan EvilicaCell bertemu lagi dengan saya admin dari situs tutorial paling work didunia ini, dikesempatan kali ini saya akan share tutorial dasar belajar edit video menggunakan Adobe Premiere Pro CC terbaru saat ini 2020, yang sudah saya rangkum serinci dan sesingkat mungkin agar mudah kalian pahami.

Adobe Premiere Pro merupakan software / aplikasi untuk edit video yang tersedia di PC atau laptop yang memiliki OS Windows dan Linux. Jika kalian ingin memulai karir sebagai video editor atau mungkin Vlogger yang menuntut kemampuan untuk menyunting atau editting video maka kalian perlu mempelajari teknik dasar nya untuk pekerjaan sehari-hari.

Bagi kalian yang baru belajar tentang Adobe Premiere Pro, saya akan berikan tutorial dasarnya untuk menggunakan Adobe Premiere Pro beserta fitur-fitur lengkapnya yang bisa kalian pelajari di artikel ini, so silahkan simak artikel ini sampai akhir.

Penjelasan Fitur Adobe Premiere Pro
Penjelasan Fitur Adobe Premere Pro CC 2020
Sebelum kalian belajar menggunakan Adobe Premiere Pro alangkah baiknya untuk mengetahui tentang beberapa fitur penting yang tersedia di Adobe Premiere Pro terlebih dahulu, fitur dan istilah yang digunakan pada aplikasi Adobe Premiere Pro lihat gambar diatas dan berikut penjelasan berdasarkan nomor yang tertera.
  1. Source: Berisi info mengenai video atau sound yang sedang kalian gunakan, pada kolom ini terdapat juga fitur Control Effect yang berfungsi untuk mengedit / mengatur (setting effect) Effect
  2. Program: Merupakan real time preview video yang sedang kalian sunting (edit) berfungsi untuk pratinjau atau kalian bisa play video yang sedang kalian sunting sebelum hasil jadinya.
  3. Project: Merupakan kolom yang berisikan video, sound atau gambar, kalian bisa masukan file dari komputer ke Adobe Premiere dengan cara drop file ke kotak ini
  4. Time Line: Merupakan kolom untuk melakukan penyuntingan / peng editan, kalian hanya perlu menggeser yang ingin di edit pada kolom project. Kalian bisa memindahkan sampai 3 video atau 3 audio sekaligus. Pada kolom ini kalian bisa memotong / menyatukan file dengan durasi yang sangat detail.
  5. Tools: Merupakan sebuah alat lengkap untuk cut video, menambahkan text, menggeser durasi dan lain-lain

Cara Menggunakan Adobe Premiere Pro CC 2020:
Setelah kalian mengenal fitur dan tampilan dasar Adobe Premiere Pro, berikut ini cara yang bisa kalian lakukan untuk memulai mengedit video serta hal-hal penting yang harus kalian lakukan sebelum memulai proses pengeditan.

Jalankan Software dan buat Project BaruNew Project Adobe Premiere Pro CC 2020
Untuk memulai penyuntingan video kalian harus menentukan project apa yang ingin kalian hasilkan. Pertama buka Adobe Premiere Pro yang sudah kalian install lalu klik "Create New Peroject" atau bisa juga klik "New Project" selanjutnya isi sesuai kebutuhan seperti lokasi penyimpanan, rendering menggunakan GPU atau Software Only, nama Project dan untuk settingan lain biarkan default saja.

Import File ke Adobe Premiere Pro
Langkah selanjutnya kalian harus memasukan file mana saja yang ingin kalian gunakan, bisa video, audio bahkan gambar dengan cara drop file yang ingin kalian masukan ke dalam kotak Project (yang saya jelaskan diatas tadi)

Kalian juga bisa memasukan file nya satu persatu, jadi jika kalian belum membutuhkan salah satu file, kalian bisa import nya dilain waktu. Contohnya: saya ingin edit video dan menambahkan backsound musik, maka saya import video nya dulu lalu saya edit, dan selanjutnya baru saya import audio / musik nya.

Proses penyuntingan / Proses pengeditan
Untuk melakukan proses penyuntingan, kalian harus geser file dari kotak project ke Time Line seperti yang saya jelaskan diatas tadi. File video yang diletakan di kotak Time Line tersebut akan mengandung 2 format yaitu video dan audio, video dibagian atas dan audio dibagian bawah.

Jika kalian ingin menggunakan audio / suara lain kalian bisa pisahkan audio bawaan nya dengan cara cara berikut ini "Cara memisahkan audio dari video menggunakan Adobe Premiere Pro"
Time Line Video & Audio Premiere Pro
Untuk mengedit / menambahkan effect, text, potong di durasi tertentu, menggeser dan lain-lain kalian bisa gunakan Tools yang sudah saya jelaskan diatas tadi. Contohnya jika kalian ingin memposisikan video secara bebas kalian bisa cek artikel berikut ini "Cara posisikan video secara bebas di Adobe Premiere Pro" selanjutnya kalian bisa berkreasi sendiri sesuai ke inginan, kalian bisa cari tutorial Adobe Premiere Pro di situs EvilicaCell atau bisa gunakan tombol cari (search yang berada diatas situs ini)

Preview / Pratinjau / Lihat hasil edit sebelum di render
Setelah kalian berhasil mengedit / menyunting video alangkah baiknya jika kalian test dulu hasil nya sebelum di render, karena jika ada yang salah akan memakan waktu dan tenaga lagi untuk memperbaiki nya.

Cara test video hasil nya sebelum di render dengan cara play video nya di kotak Program yang saya jelaskan diatas tadi, dan jika sudah yakin tidak ada yang salah kalian bisa langsung render / export video ke hasil jadi nya.

Proses Rendering / Export video ke hasil jadiExport Video Adobe Premiere Pro CC 2020
Untuk melakukan proses render / export video ke hasil jadi caranya cukup mudah, dengan cara klik file dibagian menu atas sebelah kiri lalu pilih export > pilih Media maka akan muncul popup Export settings.

  • Pada bagian Format kalian bisa pilih sesuai keinginan, dan ini bukanlah format hasil video nya ya gan, jadi ini hanya format kualitas saja sedangkan hasil video nya tetap berformat mp4.
  • Pada bagian Preset berfungsi untuk mengatur resolusi nya seperti HD 720p, Full HD 1080p, atau jika ingin upload ke YouTube kalian bisa pilih YouTube sesuai resolusi nya.
  • Untuk kualitas lebih baik kalian bisa centang dibagian Use Maximum Rendering Quality, dengan catatan durasi rendering nya akan lebih lama tergantung spesifikasi komputer / laptop yang kalian gunakan.
  • Untuk settingan lain biarkan default saja tidak masalah, selanjutnya klik tombol Export dan tunggu sampai proses selesai.

Setelah proses rendering selesai, maka hasil video nya akan tersimpan di folder sesuai yang kalian pilih diawal tadi (cek bagian buat project baru) di folder itulah hasil video nya tersimpan selanjutnya kalian bisa upload video hasil karya kalian ke sosial media seperti YouTube Facebook dan lain-lain.

Untuk mempermudah memahami cara dasar edit video menggunakan Adobe Premiere Pro kalian bisa tonton video berikut ini: (cooming soon)

Oke mungkin sekian tutorial dasar mengedit video menggunakan Adobe Premiere Pro CC 2020 dari EvilicaCell jika masih ada yang bingung atau kesulitan kalian bisa komentar dibawah dan jangan lupa untuk subscribe channel YouTube EvilicaCell untuk mendapatkan update seputar tutorial Adobe Premiere Pro lain nya and see you next time :)

1 Response to "Tutorial Dasar Mengedit Video di Adobe Premiere 2020"

  1. Thanks gan, membantu banget buat pemula seperti saya. Jadi lebih paham cara-cara dasar menggunakan Adobe Premiere Pro

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel