Jasa repair software via online, Jasa promotion blog / backlink dan keperluan bisnis lain-nya, silahkan menuju ke Facebook EvilicaCell lalu klik tombol Hubungi kami.

Tutorial Flash Oppo A83 via SP FlashTool Update Work

Hallo kawan EvilicaCell bertemu lagi dengan saya admin dari situs tutorial paling work didunia ini, di kesempatan kali ini saya akan share cara flashing Oppo A83 CPH1729 / CPH1827 menggunakan SP FlashTool yang bisa memperbaiki masalah software seperti bootloop (stuck logo) error, gagal flash, restart dan lain-lain.

Cara flashing Oppo A83 CPH1729 atau CPH1827 via SP FlashTool ini sudah saya coba dan berhasil tanpa kendala untuk memperbaiki bootloop / restart / terkunci layar, dan sebagai bukti sekaligus untuk mempermudah memahami cara flash Oppo A83 saya akan sertakan video tutorial di akhir artikel.

Sebenarnya saya sudah pernah share cara flash Oppo A83 via Oppo DownloadTool, tetapi banyak yang berkomentar gagal atau tidak bisa di jalankan, padahal fakta-nya tutorial yang pernah saya share masih berfungsi dengan baik hingga sekarang. Tetapi akan saya buatkan cara alternatif nya, yaitu flash menggunakan SP FlashTool seperti yang akan saya jelaskan disini.
Flash Oppo A83 via SP FlashTool
Oke langsung saja, lalu bagaimana cara flashing Oppo A83 bootloop, gagal flash, restart, terkunci via SP Flash Tool? simak artikel ini sampai akhir dan tolong jangan malas untuk membaca agar tidak gagal paham.

How To Flash Oppo A83 CPH1729 / CPH1827 via SP Flash Tool Update Work:

  1. Pastikan antiVirus pada Windows kalian sudah disable, dan untuk caranya bisa cek disini "cara matikan AntiVirus Windows" agar proses flash nya berjalan dengan lancar.
  2. Download firmware CPH1729_11_A.06_171219 atau CPH1729_11_A.18_180803 / CPH1827_11_A.18_180803 dengan cara klik link download, lalu pilih sesuai tipe dan download sesuai cara yang sudah saya jelaskan di artikel nya.
  3. Extract firmware Oppo A83 hasil download tadi, dengan cara klik kanan, lalu pilih extract here (password: evilicacelldotcom) dan tunggu sampai proses extract firmware Oppo A83 selesai
  4. Karena firmware nya masih berformat OFP files, jadi kalian harus extract dulu agar menjadi file scatter dengan cara sebagai berikut "cara merubah firmware OFP jadi scatter"
  5. Setelah firmware Oppo A83 berhasil di extract menjadi scatter file, selanjutnya download MediaTek USB drivers 2022 dengan cara seperti tadi, lalu extract dengan cara seperti tadi juga dan install semua driver yang berformat .exe (application) klik kanan pilih Run as administrator dan install hingga selesai.
  6. Download SP_Flash_Tool_v5.2112_Win atau via MediaFire dengan cara seperti tadi, lalu extract dengan cara seperti tadi juga, lalu jalankan flash_tool.exe dengan cara klik kanan lalu pilih Run as administrator dan tunggu sampai terbuka
  7. Klik tombol Choose pada scatter-file lalu arahkan ke file firmware Oppo A83 hasil extract tadi (MTxxx_Android_scatter.txt) berformat .txt lalu klik Open dan tunggu sampai proses load firmware selesai. Untuk settingan yang lain biarkan saja secara default dan tidak perlu di otak-atik, lalu biarkan SP FlashTool terbuka.
  8. Pastikan AntiVirus Windows sudah non-aktif lalu download Auth_Bypass_Tool_v6+libUSB atau download via Mega.nz dengan cara seperti tadi, lalu extract dengan cara seperti tadi juga, nanti akan menghasilkan folder mtk_bypass_rev3 beserta isi file nya
  9. Lalu install libusb-win32-devel-filter-1.2.6.0.exe yang berada didalam folder dengan cara klik kanan lalu pilih Run as administrator dan klik next / install hingga selesai > lalu pilih install a device filter dan biarkan terbuka dulu
  10. Posisi Oppo A83 mati dan terisi baterai, lalu tekan dan tahan volume up + volume down sambil hubungkan ke PC menggunakan kabel USB, maka akan muncul drivers MediaTek / Preloader / Single Port pada LibUsb, lalu kalian cepat-cepat klik drivers yang muncul lalu klik tombol install, lalu tunggu sampai proses install drivers filter libUSB selesai
  11. Lepas lagi kabel USB dari HP Oppo A83 nya, selanjutnya jalankan mtk_bypass_rev3.exe dengan cara klik kanan > lalu pilih Run as administrator dan tunggu sampai terbuka
  12. Lalu klik tombol Disable Auth sampai muncul tulisan waiting for brom... dan selanjutnya kalian ulangi lagi proses colok kabel USB nya, seperti penjelasan nomor 10, dan jika sudah terhubung dan drivers terinstall, maka proses bypass auth nya akan berjalan
  13. Selanjutnya fokus lagi ke SP FlashTool yang sudah terbuka tadi (yang sudah kita setup tadi) lalu klik tombol Options > Option lalu ke menu Connection dan centang pada bagian UART dan pada bagian Com port pilih sesuai Com yang muncul di device manager, lalu pada Baud rate pilih yang paling atas
  14. Close tab / jendela Option nya lalu klik tombol Download pada SP FlashTool dan proses flash Oppo A83 akan berjalan secara otomatis dan tunggu sampai proses flash Oppo A83 selesai 100% tanpa error

Jika pada step ke 12 disable Auth, dan muncul Error WTD (WTD Error) pada MTK Auth Bypass Tools nya, itu berarti Oppo A83 nya adalah versi terbaru atau Oppo A83 New Security, lalu solusi mengatasi WTD Error bypass auth Oppo A83 new security gimana gan?
Test Point Oppo A83 CPH1729
Solusi nya adalah dengan melakukan proses test point, khusus untuk Oppo A83 new security, jadi step 12 ya itu tekan volume up + volume down, di ganti dengan test point sambil hubungkan ke PC menggunakan kabel USB, maka error WTD nya akan hilang dan proses bypass auth nya akan sukses.

Untuk tutorial lengkap cara test point nya, kalian bisa cek video tutorial berikut ini "tutorial flash Oppo A83 via Test Point"

Jika proses flahing Oppo A83 via SP FlashTool sudah selesai 100% tanpa error, maka akan muncul notifikasi Download OK atau ceklis berwarna hijau pada SP FlashTool, dan selanjutnya kalian bisa lepas kabel USB dan nyalakan Oppo A83 dengan menekan tombol power.

Selamat kalian sudah berhasil melakukan proses flashing Oppo A83 via SP FlashTool dan sekarang Oppo A83 sudah bisa digunakan dengan normal lagi.

Jika proses flashing Oppo A83 via SP FlashTool sudah sukses tanpa error, namun kondisi masih saja bermasalah, kalian bisa cek artikel berikut "flash sukses tapi masih nihil" untuk penjelasan dan cara mengatasi nya.

Untuk mempermudah memahami cara flash Oppo A83 via SP FlashTool, kalian bisa tonton video tutorial diatas berikut: (video diatas juga sebagai bukti kalau tutorial flash Oppo A83 via SP FlashTool ini sudah saya coba dan berhasil)

Oke mungkin sekian tutorial flash Oppo A83 via SP FlashTool dari EvilicaCell, jika masih ada yang bingung atau kesulitan download, kalian bisa komentar dibawah dan silahkan subscribe channel YouTube EvilicaCell untuk mendapatkan update seputar tutorial flash lain-nya.

 

9 komentar untuk "Tutorial Flash Oppo A83 via SP FlashTool Update Work"

  1. bang libUSB kok tidak ter download ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo gan, setelah kita cek semua link download masih berfungsi dengan baik kok
      coba refresh aja halaman nya h3h3

      Hapus
  2. gan, yg no.10 ga bisa ?

    BalasHapus
  3. Susah2 download,file dipasword...sia2

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada 2 kesalahan yang anda lakukan:
      1. Download gak susah, karena kita sudah jelaskan cara download nya
      2. Password sudah jelas kita cantumkan, tinggal anda nya saja yg malas untuk membaca dan memperhatikan

      Hapus
  4. Mas, waktu pakai MTK Auth Bypass, tekan tombol Disable Auth, muncul error "disable WDT error!" dan "disable device security fail!". Kira-kira apa yang salah?

    BalasHapus
  5. terimakasih banyak

    BalasHapus