Cari Tutorial? Di EvilicaCell.com aja!
Situs Tutorial Paling Work Di Dunia, Di UjiCoba sebelum di Publish, itulah ke Unggulan EvilicaCell dibanding dengan situs tutorial lain, dan semua file free!

HP Xiaomi Bootloop Walaupun Sukses Flash

Halo kawan EvilicaCell bertemu lagi dengan saya admin dari situs yang sederhana ini, dikesempatan kali ini saya akan share tutorial mengatasi Xiaomi Bootloop stuck logo walaupun sudah sukses flash dan penyebabnya kenapa bisa bootloop, padahalkan sudah sukses flash? itulah yang sering ditanyakan oleh pada teknisi pemula seperti saya. Nah oleh karena itu saya akan berbagi tips dan penjelasannya disini.

HP Xiaomi yang bootloop tentu saya tidak bisa digunakan, menyebalkan dan membingungkan bukan? Yang awalnya kita yakin setelah berhasil flash akan kembali normal, ini malah tidak sama sekali atau masih saja stuck di logo. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, dan akan saya jelaskan pada artikel ini, oleh karena itu mohon dibaca dan dipahami.
HP Xiaomi Bootloop Stuck Logo
Penyebab HP Xiaomi Bootloop Walaupun sudah Sukses Flash:
  1. Yang pertama mungkin saja karena file system yang lama tertimpa dengan file system baru yang kalian gunakan untuk flash tadi, sehingga HP tidak bisa men sinkronisasi file yang tersimpan pada Emmc HP tersebut
  2. Hal ke 2 yang sering terjadi karena kalian bisa saja salah menggunakan file firmware (stock Rom) contohnya jika kalian flash HP Redmi 2 dengan tipe 2014811 tetapi kalian menggunakan firmware Redmi 2 dengan tipe 2014817, nah jelas saja jika HP Redmi2 kalian masih stuck logo walaupun sudah sukses ter flashing.
  3. Yang ke 3 bisa karena kalian menggunakan file firmware (stock Rom) dengan versi berbeda, hal ini hampir mirip dengan penyebab nomor 2 yang saya jelaskan tadi, bedanya dibagian version. Contohnya kalian flash Xiaomi Mi 6x dengan versi yang lebih lawas (versi jadul) jelas hal ini tidak akan singkron dan menyebabnya bootloop
  4. Bisa dari mesin (hardware) seperti Emmc contohnya, jika memang dari hardware itu berarti diluar pembahasan kami, karena kami hanya membahas dari segi software (perangkat lunak)

Nah jika kalian sudah paham penyebab HP Xiaomi yang bootloop (stuck logo) walaupun sudah sukses flashing yang saya jelaskan tadi, sekarang saatnya mencari solusi dari setiap masalah bootloop atau stuck logo pada HP Xiaomi yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Pertama kita mulai dari yang paling mudah atau dari yang paling gampang dulu ya gan. Seperti yang saya jelaskan diatas penyebab Xiaomi bootloop stuck logo meskipun sukses flash yang pertama karena file firmware yang lama (file system) tidak bisa singkronisasi dengan file yang baru dan solusinya adalah dengan wipe data cache, caranya sebagai berikut.

Cara Wipe data cache (Factory Reset) via Fastboot:
  1. Masuk ke fastboot mode pada HP Xiaomi kalian dengan cara dalam posisi mati tekan dan tahan tombol volume bawah + tombol power secara bersamaan sampai masuk ke fastboot mode.
  2. Hubungkan HP Xiaomi ke PC menggunakan kabel USB dan akan terdeteksi sebagai Android Bootloader Interface pada device manager, jika tidak terdeteksi mungkin drivers belum terinstall solusinya (Install Drivers Xiaomi)
  3. Download adb fastboot file lalu extract dengan cara klik kanan > pilih extract here sampai menghasilkan folder adb beserta ini file nya
  4. Tekan shift pada keyboard lalu klik kanan didalam folder adb > lalu pilih open commond window here / open powershell (untuk windows 10)
  5. Ketikan perintah berikut:
    • fastboot -w [lalu tekan enter]
    • fastboot erase cache [lalu tekan enter]
    • fastboot erase config [lalu tekan enter]
    • fastboot erase usrdata [lalu tekan enter]
    • fastboot erase userdata [lalu tekan enter]
    • fastboot reboot [lalu tekan enter]
Nah setelah berhasil maka HP Xiaomi akan merestart otomatis dan tunggu hingga masuk ke menu awal dan selamat HP Xiaomi kalian sudah berhasil bangkit dari bootloop atau stuck logo. Jika masih saja tidak mempan, lanjut ke step berikutnya yaitu dengan flash ulang menggunakan firmware yang sesuai (harus sesuai dengan tipe ataupun sesuai dengan version)

Cara Memilih Firmware Yang Sesuai Untuk Flash:
  1. Yang pertama pastinya kalian harus mengetahui tipe dan version HP Xiaomi yang ingin kalian flash, caranya cek diartikel Cara check type Xiaomi via fastboot
  2. Setelah kalian mengetahui tipe atau product name nya, selanjutnya kalian cari file firmware atau stock rom yang sesuai
  3. Cari firmware dengan tipe yang sesuai di kolom pencarian EvilicaCell yang ada di menu atas, atau jika tidak ada (mungkin saya belum update) kalian bisa mencari nya di Google dan utamakan pilih artikel dari EvilicaCell dot com ya.
    Mencari Firmware Yang Cocok Untuk Flash
  4. Setelah mendapatkan file firmware yang sesuai tipe ataupun version selanjutnya kalian lakukan flash ulang, dan pastikan proses flash tidak salah atau sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh membuat konten.
  5. Usahakan flash menggunakan firmware versi paling baru, atau jika tidak ada gunakan yang sama persis dengan versi saat ini yang terinstall di HP yang ingin di flash.
  6. Dan usahakan kalian mencari tutorial flash di EvilicaCell, karena di EvilicaCell dot com semua tutorial pasti di uji coba dulu (tested) sebelum kami publikasikan, itulah ke unggulan EvilicaCell dibanding dengan situs tutorial lain.

Setelah berhasil flash menggunakan firmware yang sesuai tipe ataupun version, maka HP Xiaomi sudah berhasil bangkit dari kondisi bootloop (stuck logo) dan selamat kalian sudah berhasil :) Jika masih saja gagal / bootloop kalian harus cek hardware nya seperti Emmc, IC power dan lain-lain.

Dengan cara diatas yang saya sebutkan tadi, berfungsi untuk meminimalkan resiko gagal saat flashing HP Xiaomi dan memperbesar kemungkinan sukses flash agar tidak buang-buang waktu ataupun kuota, jadi bisa lebih hemat :D

Sebenarnya cara diatas bisa untuk berbagai merk HP seperti Asus, Oppo, Vivo dan lain-lain, hanya saja saya contohkan dan praktikan pada HP Xiaomi.
Oke mungkin sekian tips trik artikel Mengatasi Xiaomi Bootloop walaupun Sukses flashing dari EvilicaCell, jika masih ada yang bingung atau kesulitan menemukan file firmware yang cocok kalian bisa komentar dibawah dan jangan lupa untuk support kami dengan cara subscribe channel YouTube EvilicaCell secara gratis and see you next time :)

0 Response to "HP Xiaomi Bootloop Walaupun Sukses Flash"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel