Jasa repair software via online, Jasa promotion blog / backlink dan keperluan bisnis lain-nya, silahkan menuju ke Facebook EvilicaCell lalu klik tombol Hubungi kami.

Membuat Halaman Sitemap/Daftar Isi Berdasarkan Label Blogger

Halo kawan EvilicaCell bertemu lagi dengan saya admin dari situs tutorial blogger paling SEO friendly ini, di kesempatan kali ini saya akan share cara buat halaman Sitemap atau Daftar isi berdasarkan Label yang ada di blogger, lalu sudah saya coba dan berhasil untuk membuat halaman daftar isi yang bagus, rapih dan sangat ringan.

Jadi jika kalian ingin membuat sebuah blog, tidak lengkap rasa nya jika tidak ada halaman sitemap atau daftar isi. Fungsi halaman Daftar isi adalah sebagai navigasi jika pengunjung ingin menemukan artikel di blog kalian secara lengkap, dan agar tampilan rapih saya akan urutkan berdasarkan label.

Untuk sebagai contoh hasil jadi nya, kalian bisa cek halaman Peta Situs di navigasi bawah pada blog EvilicaCell dot com ini, jadi hasil nya akan rapih, simple dan pasti nya ringan.
Buat Halaman Daftar Isi / Peta Situs Berdasarkan Label Blogger
Cara membuat halaman sitemap / daftar isi di blogger berdasarkan label ini sudah saya coba dan berhasil tanpa kendala, dan sebagai bukti sekaligus untuk mempermudah memahami cara membuat halaman sitemap / daftar isi pada blogger, saya akan sertakan video tutorial di akhir artikel.

Oke langsung saja, lalu bagaimana cara membuat halaman sitemap / daftar isi di blogger berdasarkan label? simak artikel ini sampai akhir dan tolong jangan malas untuk membaca agar tidak gagal paham dan menyebabkan gagal buat halaman sitemap.

Creating a Sitemap / Table of Contents Page Based on a Label in Blogger:
  1. Pertama pastikan kalian login ke Blogger.com menggunakan akun Google kalian masing-masing, selanjutnya ke menu Halaman > lalu klik buat Halaman Baru yang berada di kiri atas layar Blogger.
  2. Selanjutnya buat judul halaman dengan kata "Peta Situs" atau "Daftar Isi" atau bisa juga "Sitemap" kalian bisa sesuaikan dengan ke inginan kalian.
  3. Selanjutnya klik logo pena (pensil) yang berada di tool bar kiri atas, lalu ubah menjadi Tampilan HTML.
  4. Lalu masukan kode CSS terlebih dahulu, sesuai kode berikut dan paste (tempel) di halaman dengan tampilan HTML:
    <style type="text/css">
    #penaindigocom{background:#fff;width:99%;margin:5px auto;border:1px solid #2D96DF;
    -webkit-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
    -moz-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
    box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);}
    judule{color:#FFF;font-weight:bold;margin:0 -5px;
    padding:1px 0 2px 11px;background: #3498DB;
    border:1px solid #2D96DF;
    border-radius:4px;-moz-border-radius:4px;
    -webkit-border-radius:4px;box-shadow:3px 3px 1px #bbb;
    -moz-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-webkit-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;display:block;}
    ol{font-weight:normal;background:#fff;margin-left: 35px;}
    ol li{border-bottom: #ddd 1px dotted;margin-right:5px;padding:3px}
    </style>
  5. Selanjutnya kalian bisa masukan kode HTML berikut, dan paste (tempel) tepat dibawah kode CSS yang tadi:
    <div id="penaindigocom">
    <script src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/penaindigo/pi-project@ce599c1082b28f589ee0582485dc661a3f9ba15c/sitemapsatulabel.js">
    </script>
    </div>
  6. Sampai tahap ini, kalian sudah berhasil membuat halaman Daftar isi pada Blogger, tetapi belum termasuk label nya.
  7. Selanjutnya kita masukan lagi kode label format HTML yang bisa kalian copy berikut ini, lalu paste (tempel) tepat dibawah kode </script> dan diatas kode </div> yang saya tandai dengan warna merah.
    <judule>Software</judule>
    <ol>
    <script src="/feeds/posts/default/-/Software?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=startpost&amp;max-results=999">
    </script>
    </ol>
      <judule>Game PC</judule>
    <ol>
    <script src="/feeds/posts/default/-/Games%20PC?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=startpost&amp;max-results=999">
    </script>
    </ol>
  8. Perhatikan kode yang berwarna Biru dan Hijau, untuk kode warna Biru kalian bisa ganti dengan nama Label di blogger kalian masing-masing. Contohnya disini saya buat label bernama Software dan Game PC.
  9. Untuk kode yang berwarna Hijau, kalian ganti dengan link / URL label yang kalian buat sebelum nya, cara cek URL / link label di blogger kalian, kalian bisa buka blog kalian, lalu klik ke menu label.
    Contoh Halaman Peta Situs Berdasarkan Label tampilan Simple, Rapih dan Ringan
    Maka akan muncul URL / link berdasarkan label yang kalian buat.
  10. Maka hasilnya akan seperti gambar berikut ini.
    Kode script Halaman Daftar isi / Peta Situs berdasarkan Label
    Untuk settingan komentar dan deskripsi bisa kalian sesuaikan saja, saya sendiri tidak di ubah-ubah alias settingan default bawaan blogger.
  11. Langkah terakhir kalian klik tombol Publikasikan yang berada di kanan atas halaman blogger, dan selesai.

Selamat, kalian sudah berhasil membuat halaman Sitemap / Peta Situs / Daftar isi di Blogger dengan tampilan simple, rapih dan ringan.

Langkah selanjutnya agar halaman Sitemap yang baru saja kalian publish bisa muncul di hasil pencarian Google, kalian bisa lakukan submit URL dengan cara berikut "tips SEO agar artikel cepat Terindex dan Ranking" untuk penjelasan lengkap nya.

Untuk menambah label baru, dan ingin masukan juga ke halaman Daftar isi, kalian tinggal copy paste kode HTML yang ada di step ke 7, perhatikan di bagian step ke 7 dan kode yang saya tandai dengan warna Hijau dan Biru.

Jika kalian ingin merubah warna tampilan dan ukuran, kalian bisa belajar cara dasar coding template blogger, dengan cara berikut "cara dasar edit template Blogger" yang mungkin kalian butuhkan.

Untuk mempermudah memahami cara membuat halaman sitemap / daftar isi di blogger berdasarkan label dengan tampilan simple dan ringan, kalian bisa cek video tutorial diatas berikut: (video cara buat halaman sitemap / daftar isi di blogger ini juga sebagai bukti kalau cara ini berhasil tanpa kendala)

Oke mungkin sekian tutorial buat halaman sitemap / daftar isi di blogger berdasarkan label dengan tampilan simple dan ringan dari EvilicaCell, jika masih ada yang bingung atau kesulitan kalian bisa tanyakan di komentar.

Silahkan subscribe channel YouTube EvilicaCell untuk mendapatkan update seputar tutorial tips & trik lain nya seputar SEO dan Blogger secara gratis and see you next time guys.

Posting Komentar untuk "Membuat Halaman Sitemap/Daftar Isi Berdasarkan Label Blogger"