Jasa repair software via online, Jasa promotion blog / backlink dan keperluan bisnis lain-nya, silahkan menuju ke Facebook EvilicaCell lalu klik tombol Hubungi kami.

Tips Merawat Laptop Agar Awet [Update] Ampuh!

Hallo kawan EvilicaCell bertemu lagi dengan saya admin dari situs tutorial paling work didunia ini, dikesempatan kali ini saya akan share beberapa tips agar laptop anda menjadi awet dan tahan lama atau tidak cepat rusak, dan cara ini 100% terbukti ampuh dan beda dengan tips dan trik di blog sebelah.

Menjaga kesehatan laptop tentu nya sangat penting bagi kalian yang berkerja menggunakan laptop, atau bisa di bilang sumber penghasilan dari laptop. Itu berarti Laptop adalah nyawa ke 2 kita sebagai seorang yang bekerja di bilang teknologi terutama bagi kalian "tukang flash HP" hayo ngaku!

Jika laptop tidak di rawat dengan benar, tentu nya hal ini sangat fatal dan bisa menyebabkan laptop cepat rusak, dan kalau laptop rusak tentu nya kita tidak bisa bekerja lagi, bahkan bisa rugi karena kita membutuhkan biaya untuk repair laptop kita yang rusak. Oleh karena itu, sebelum hal buruk itu terjadi sebaiknya kita jaga laptop kita agar terus optimal dan tidak cepat rusak.

Tips Merawat Laptop Agar Awet [Update] Ampuh!

Cara merawat laptop agar tidak cepat rusak ini sudah saya coba dan praktikan sendiri, dan berhasil 100% terbukti laptop saya sendiripun masih awet dengan umur sudah hampir 5 tahun. Lalu bagaimana cara merawat Laptop agar tidak cepat rusak? simak artikel ini sampai akhir ya guys.

Tips Merawat Laptop Agar Awet & Tidak Cepat Rusak, Dijamin Ampuh!

Perlu kalian ketahui tips merawat laptop agar tidak cepat rusak ini dibagi menjadi 2 jenis, yang pertama akan saya bahas dari segi software / OS (operation system) yang rata-rata OS yang digunakan pada Laptop adalah OS Windows. Baca juga: Cara agar Windows 10 full version gratis

OS Windows sudah umum digunakan oleh Laptop di Indonesia, khusus nya bagi kalian yang berkerja di bidang flash smartphone, Oleh karena itu kalian wajib mengetahui tips agar OS Windows pada laptop kalian harus dalam keadaan optimal dan terhindar dari kerusakan software. Untuk cara terhindar dari kerusakan software kalian bisa cek daftar-daftar dibawah ini.

Jika laptop kalian baru beli atau baru saja di install ulang, itu berarti system operation nya masih bersih tanpa ada virus ataupun file-file sampah yang bisa menghambat kinerja laptop, Jika sudah terlanjur banyak file sampah atau virus, ya berarti jalan terbaik harus install ulang "cara install ulang Windows"

jika memang masih bersih, berarti langkah selanjutnya kalian harus menjaga agar laptop tidak dimasukan virus atau malware dengan cara sebegai berikut:

1. Pastikan AntiVirus selalu aktif
saya sangat menyarankan agar AntiVirus pada Windows selalu aktif, bukan berarti kalian harus download AntiVirus lagi! karena pada dasarnya Windows sudah dibekali AntiVirus bawaan pabrik yang bernama Windows Defender, dan saya rasa Windows Defender ini sudah lebih dari cukup untuk menangkal virus atau malware yang ingin masuk ke OS laptop kita.
Tips Merawat Laptop Agar Awet [Update] Ampuh!
Untuk mengecek apakah Windows Defender sudah aktif atau belum, kalian bisa cek di menu settings pada Windows 8 atau Windows 10 > lalu ke Update & Security > Windows Security nanti akan muncul menu Virus & threath protection dan disitu kalian bisa cek sudah ceklis hijau atau tidak.

Nah cara pertama ini di khusus kan bagi kalian yang masih awam dengan dunia virus, malware dan sejenis nya. Jadi untuk kalian yang sudah mengerti perbedaan Virus dengan bukan, cara ini tidak terlalu efektif, jadi untuk yang sudah mengerti tidak terlalu di butuhkan. Baca juga: Cara matikan Windows Defender sampai ke akar

2. Jangan browsing sembarangan
Pada dasarnya virus, malware dan sejenisnya akan muncul atau bersumber dari internet yang kalian jelajahi, biasanya saat kalian ingin download file tapi salah download, yang di download malah virus, maka alhasil laptop kalian sudah ternodai.
Tips Merawat Laptop Agar Awet [Update] Ampuh!
Untuk menghindari hal tersebut kalian harus teliti dan pintar membedakan virus atau bukan, salah satu contohnya kalian harus perhatikan situs mana yang berbahaya. Biasanya situs yang berbahaya tidak menggunakan SSL atau https://. Kalian bisa cek link atau URL situs EvilicaCell ini sudah menggunakan SSL atau https:// yang artinya adalah situs EvilicaCell ini aman dari virus dan malware yang berbahaya.

3. Jangan install / menjalankan program yang tidak kalian ketahui
Salah satu faktor terbesar yang menyebabkan laptop terinfeksi virus adalah, karena kalian meng-install terlalu banyak program dan program yang kalian jalankan tidak resmi atau tidak jelas. Tentu hal ini bisa menyebabkan kinerja Laptop akan berkurang bahkan bisa rusak (gagal booting)

Untuk menghindari hal tersebut, kalian harus perhatikan mana saja program yang memang dibutuhkan, contohnya saya ingin flash HP Samsung, maka saya akan menjalankan program Odin, nah setelah pekerjaan saya (flash HP Samsung) sudah selesai, maka alangkah baiknya jika program yang sudah tidak kita gunakan lagi, bisa di hapus sampai bersih.

Jika sudah terlanjur banyak program yang kalian install, kalian bisa cek artikel berikut ini "Cara membersihkan Windows dari file sampah" untuk penjelasan dan cara mengatasi nya.

4. Usahakan jangan menginstall program terlalu banyak
Disini saya katakan bahwa "usahakan jangan install program terlalu banyak" yang artinya adalah, segera hapus program yang tidak kalian butuhkan, karena jika terlalu banyak program yang kalian install tetapi jarang digunakan, akan membuang-buang memori dan penyimpanan.
Tips Merawat Laptop Agar Awet [Update] Ampuh!
Ditambah lagi jika sudah numpuk berlama-lama di dalam harddisk, akan membuat harddisk menjadi lemot alias umur harddisk menjadi pendek, jika sudah terlanjur harddisk anda menjadi lemot, maka solusi terbaiknya kalian harus format harddisk tersebut dan partisikan ulang, agar harddisk menjadi lebih fresh dan enteng lagi.

5. Merawat hardware Laptop dengan baik & benar
Nah untuk step yang ke 5 ini saya bahas soal hardware atau perangkat keras nya gan, salah satu contohnya yaitu processor, RAM, storage (HDD / SSD), motherboard dan lain-lain. Menjaga hardware laptop dalam artian adalah, usahakan hardware laptop selalu dalam kondisi bersih dari debu / kotoran.
Tips Merawat Laptop Agar Awet [Update] Ampuh!
Karena debu atau kotoran yang bersarang di bagian mesin laptop akan bisa menghambat kinerja laptop tersebut, solusinya adalah jangan malas untuk bersih-bersih. Bongkar casing belakang laptop dengan obeng, lalu bersihkan semua bagian dalam laptop dari debu dan kotoran bisa menggunakan kuas atau vacuum cleaner dan pastikan tidak basah alias kering ya.

Jika perlu ganti semua thermal paste yang sudah mengering, thermal paste yang mengering biasanya berada di processor dan GPU. Cara ini tentu nya di khususkan untuk yang mengerti cara bongkar nya, di setiap merk dan tipe laptop akan berbeda cara bongkar nya.

6. Charger Laptop seperlu nya dan jangan berlebihan
Mengecas laptop sebelum pergi keluar tentu nya menjadi hal wajib agar tidak lowbat saat digunakan diluar rumah, tetapi saya sangat menyarankan agar tidak mengecas laptop terlalu lama bahkan sampai di tinggal tidur semalaman.

Tentunya hal ini bisa membuat beterai laptop jadi gampang bocor atau tidak tahan lama, sama halnya jika kalian tidur terlalu lama pasti akan pusing, itulah yang dirasakan laptop jika di cas terlalu lama.

Nah dengan cara-cara merawat Laptop yang saya sebutkan diatas tadi, kalian bisa coba dan praktikan secara rutin dan benar, maka niscaya laptop anda akan lebih awet dan tidak cepat rusak.

Kesimpulan: Gunakan laptop dengan bijak dan rawat lah laptop seperti diri anda sendiri, maka laptop juga akan lebih tahan lama dan awet. Intinya jangan biarkan file sampah menumpuk, jangan biarkan virus menyerang OS laptop anda, dan bersihkan hardware dari debu atau kotoran.

Semakin rutin anda melakukan tips-tips diatas maka sekalin besar juga kemungkinan laptop akan awet dan tidak rusak sama sekali.

Oke saya rasa cukup disini artikel tentang tips merawat laptop agar lebih awet dan tahan lama dari EvilicaCell, jika masih ada yang bingung atau ingin bertanya silahkan komentar dibawah dan jangan lupa untuk support kami dengan cara subscribe channel YouTube EvilicaCell agar mendaptkan update seputar tips dan trik lain-nya and see you next time :)


3 komentar untuk "Tips Merawat Laptop Agar Awet [Update] Ampuh!"

  1. kenapa bukan pake kata komputer gan? dan ada typo nih kwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah disebelah mana typo nya?
      artikel ini di targetkan untuk user laptop gan hehehe

      Hapus